Ads

Sunday, February 10, 2019

Pendekar Buta Jilid 115

Apa yang diceriterakan oleh Lauw Kin anggauta Hwa I Kaipang itu, memanglah benar. Pada waktu itu, memang para anggauta Hwa I Kaipang ini bersama para anggauta Pek-lian-pai, secara lihai sekali berhasil menyelundup ke kota raja dan memasang banyak mata-mata untuk mengetahui gerak-gerik pemerintahan kaisar baru. Pemasangan mata-mata ini sampai menembus dinding istana yang tebal sehingga segala macam peristiwa diketahui belaka oleh mereka.

Kaisar muda itu melalui para penyelidik, telah dapat mengetahui akan adanya persekutuan yang hendak menjatuhkannya. Tahu pula bahwa persekutuan itu mengadakan kontak dengan Raja Muda Yung Lo, pamannya. Betapapun juga, dia hendak mempertahankan kekuasaannya dan sengaja ketika penobatannya menjadi kaisar baru dilaksanakan, dia tidak mengundang pamannya itu. Sekarang, setelah jelas olehnya bahwa diam-diam mendiang kakeknya (kaisar lama) menaruh harapan kepada Raja Muda Yung Lo, dia bertekad untuk menumpas pamannya itu.

Dengan bantuan The Sun, kaisar mengundang orang-orang pandai dan mengulurkan tangan kepada orang-orang kang-ouw yang suka membantunya. Oleh karena itulah, ketika dia mendengar bahwa para tokoh dari Ching-coa-to bersama orang-orang sakti menawarkan bantuan mereka, dia menjadi girang sekali.

Akan tetapi di samping kegirangan ini juga terdapat kecurigaan di fihak kaisar dan para jagoan istana. Semenjak dahulu tidak pernah Ching-coa-to membantu kaisar dalam urusan negara, sungguhpun harus diakui pula bahwa fihak ini sama sekali tidak ada hubungan dengan para pemberontak seperti Pek-lian-pai dan Hwa I Kaipang.

Lebih-lebih lagi The Sun dan jagoan-jagoan lain merasa curiga dan berhati-hati menghadapi Ching-coa-to, karena mendengar bahwa rombongan itu mempunyai anggauta tokoh-tokoh Mongol, malah yang seorang bekas pangeran Mongol pula. Jangan-jangan pangeran itu mempunyai niat buruk hendak mengembalikan kekuasaan bangsanya yang telah terusir oleh perjuangan kaisar pertama dari kerajaan Beng! Juga adanya orang Mancu dalam rombongan itu, menambahkan kecurigaan.

“Sukar diduga apa yang tersembunyi daiam maksud bantuan mereka itu,” kata The Sun ketika para jagoan diundang oleh kaisar untuk membicarakan soal ini. “Akan tetapi, mereka terdiri dari orang-orang sakti yang amat kita butuhkan bantuannya untuk menghadapi musuh-musuh kita.”

“Hemmm,” kata kaisar, “dengan mengundang mereka ke kota raja, apakah tidak berbahaya? Jangan-jangan itu berarti kita memasukan serigala-serigala ke dalam rumah.”

“Harap Paduka tidak khawatir,” The Sun menghibur, “jika mereka itu mempunyai niat buruk, para pengawal dipimpin oleh para Locianpwe yang berada disini pasti akan dapat menghancurkan mereka. Selain itu, jika suhu telah berhasil mengejar dan menangkap pemberontak Kwa Kun Hong, tentu akan datang lagi dan keadaan kita akan menjadi lebih kuat.” Bhok Hwesio mengerutkan keningnya.

Hwesio ini suka kepada The Sun yang pandai mengambil hati dan bersikap halus, akan tetapi dia tidak suka kepada guru pemuda itu yang dianggapnya sombong.

“Tanpa adanya Hek Lojin sekalipun pinceng masih sanggup mengusir perusuh-perusuh dari dalam kota raja. Akan tetapi sungguh amat tidak baik kalau sampai memanggil orang-orang yang masih mencurigakan ke dalam kota raja, sama dengan memancing datangnya kekacauan yang akan melemahkan pertahanan. Lebih baik kalau kita mengadakan pertemuan dengan mereka diluar kota raja, barulah kita melihat sikap mereka dan mendengarkan kesanggupan mereka.”

Setelah ditimbang-timbang oleh kaisar, usul Bhok Hwesio ini diterima dan diambillah keputusan untuk mengundang orang-orang Ching-coa-to itu mengadakan pertemuan. Adapun tempat yang mereka pilih adalah lembah Sungai Huai yang menjadi sarang dari perkumpulan Ngo-lian-kauw.

Tentu saja peristiwa penting ini tertangkap oleh telinga para mata-mata Pek-lian-pai dan Hwa I Kaipang yang segera mengadakan persiapan dan mengirim surat kepada Raja Muda Yung Lo, malah ada yang mencari Kun Hong dan mengabarkan hal ini.

Dalam pertemuan puncak itulah para penyelidik ini mendengar tentang nasib Hui Kauw yang akan dijadikan tawanan dan dibawa ke pertemuan, dengan orang-orang Ching-coa-to untuk dimintakan keputusan hukumannya. Rahasia Hui Kauw terbongkar ketika gadis ini merampas mahkota dan menyerahkannya kepada Loan Ki dan Nagai Ici tanpa ia sadari bahwa peristiwa itu terlihat oleh seorang mata-mata istana yang kebetulan berada di tempat itu dan bersembunyi.

Hui Kauw segera ditangkap dan dengan gagah berani nona ini mengaku bahwa ia sama sekali tidak perduli akan urusan negara, tidak perduli siapa yang akan menjadi kaisar, akan tetapi bahwa ia melakukan itu semata-mata untuk membantu Kwa Kun Hong, suaminya!





Ayahnya, bangsawan Kwee, marah-marah dan tidak mengakuinya sebagai puteri lagi. Ia dijebloskan ke dalam penjara menanti keputusan hukuman dan akhirnya ia hendak dipergunakan oleh The Sun untuk mengambil hati ibu angkatnya, Ching-toanio.

The Sun memang cerdik. Dia cukup mengerti bahwa Hui Kauw bukanlah pemberontak, melainkan seorang yang mencinta Si Pendekar Buta dan perbuatannya itu hanya terdorong oleh cinta dan kesetiaan. Kalau Hui Kauw dibunuh, bukan saja tidak ada artinya, malah mungkin sekali hal itu akan mematahkan hubungan baik dengan Ching-coa-to. Tentu saja dia tidak tahu bahwa Ching-toanio sebetulnya membenci Hui Kauw pula. Maka dia hendak “mengambil hati” orang-orang Ching-coa-to dan menyerahkan Hui Kauw kepada mereka, sebagai umpan!

Pada waktu itu, telah terjadi perubahan besar pada perkumpulan Ngo-lian-kauw. Dahulu, lima tahun yang lalu, perkumpulan ini dipimpin oleh Kim-thouw Thian-li (Bidadari Kepala Emas) murid Hek Hwa Kui-bo. Di bawah pimpinan Kim-thouw Thian-li yang direstui pula oleh iblis wanita Hek Hwa Kui-bo, perkumpulan itu maju pesat.

Ngo-lian-kauw atau perkumpulan Agama Lima Teratai, adalah semacam agama sesat atau agama klenik yang memuja kekuasaan iblis dan mempelajari ilmu-ilmu hitam. Tidaklah mengherankan apabila pada waktu itu ketuanya terkenal sebagai seorang ahli racun kembang dan jahatnya malahan melebihi gurunya.

Setelah guru dan murid yang jahat itu tewas (baca Rajawali Emas), perkumpulan Ngo-lian-kauw menjadi morat-marit. Terjadilah perebutan-perebutan kekuasaan, karena ketua Ngo-lian-kauw itu meninggalkan banyak harta benda di samping kedudukan dan pengaruh. Para anggauta Ngo-lian-kauw yang terdiri dari para pendeta-pendeta Ngo-lian-kauw dan wanita-wanita, terpecah-pecah menjadi beberapa kelompok untuk memilih ketua masing-masing dan terjadilah pertempuran-pertempuran.

Akan tetapi kemudian muncullah tiga orang wanita sakti dari barat, yaitu Ang Hwa Samci-moi, tiga orang kakak beradik Ngo Kui Ciau, Ngo Kui Biauw dan Ngo Kui Siauw yang selalu berpakaian serba merah.

Tiga orang wanita yang usianya baru tiga empat puluh tahun ini adalah adik-adik seperguruan Hek Kwa Kui-bo, jadi masih terhitung bibi-bibi guru daripada mendiang Kim-thouw Thian-li bekas ketua Ngo-Lian-kauw. Tentu saja dengan kepandaian mereka, dengan mudah Ang Hwa Sam-ci-moi ini menundukkan semua anggauta Ngo-lian-kauw dan semenjak itu, kurang lebih empat tahun sesudah ketua Ngo-lian-kauw tewas, perkumpulan ini mengakui Ang-hwa Sam-ci-moi sebagai ketua mereka.

Setelah Sam-ci-moi (tiga kakak beradik) ini menjadi ketua Ngo-lian-kauw, terjadilah perubahan hebat. Tiga orang wanita ini tidak suka akan ilmu klenik, tidak suka akan ilmu sihir dan penggunaan racun. Mereka telah mewarisi ilmu silat dan ilmu pedang yang amat lihai, kepandaian mereka semenjak mereka merantau ke barat telah mengalami kemajuan yang amat hebat sehingga mereka tidak suka mengandalkan diri kepada segala macam ilmu hitam.

Juga, melihat para pendeta laki-laki yang sudah tua-tua mereka tidak suka melihatnya dan membubarkan para anggauta pria dari Ngo-lian-kauw, tidak mengakui mereka sebagai anggauta lagi. Sebaliknya, mereka menerima anggauta-anggauta baru yang terdiri daripada wanita-wanita muda dan cantik. Dan semenjak dipimpin oleh Ang-hwa Sam-ci-moi inilah perkumpulan itu terkenal sebagai perkumpulan wanita cabul!

Kalau ada laki-laki terlihat disitu, sudah dapat dipastikan bahwa laki-laki ini seorang pemuda tampan yang telah diculik dan orang itu selama hidupnya tidak akan dapat melihat dunia ramai lagi karena begitu dia sudah diapkir (tidak dibutuhkan lagi) dia akan dibunuh!

Ang-hwa Sam-ci-moi memilih anggauta-anggauta yang berbakat dan mereka ini tidaklah banyak jumlahnya. Kalau dulu anggauta Ngo-lian-kauw ada ratusan orang, sekarang hanya tinggal kurang lebih lima puluh orang lagi, semua wanita akan tetapi mereka ini rata-rata memiliki ilmu silat yang lumayan, malah tiga orang ketua baru ini telah memperhebat barisan Ngo-lian-tin (Barisan Lima Teratai) yang dahulu diciptakan oleh Kim-thouw Thian-li.

Semua anggauta-anggauta itu adalah ahli-ahli barisan Ngo-lian-tin sehingga biarpun kini anggautanya hanya lima puluh orang saja dan tidak sebanyak dulu, dan wanita semua, namun apabila dibandingkan dengan dahulu, perkumpulan ini malah lebih kuat !

Seperti telah kita ketahui, Ang-hwa Sam-ci-moi juga merupakan orang-orang yang mempunyai ambisi untuk mendapatkan kemuliaan di kota raja di samping usaha mereka mencari teman-teman yang pandai untuk membalas dendam mereka atas kematian Hek Hwa Kui-bo di Thai-san.

Oleh karena itu tiga orang saudara ini menjadi tamu-tamu terhormat dari Ching-toanio di Ching-coa-to. Seperti telah dapat kita duga, adalah tiga orang wanita sakti inilah yang banyak membantu Ching-toanio dan teman-temannya sehingga siasat mereka di Thai-san berhasil dan mengakibatkan hancurnya perkumpulan Thai-san-pai yang mereka benci itu.

Dan tidaklah aneh pula kalau fihak Ching-coa-to mengajukan sarang Ngo-lian-kauw sebagai tempat pertemuan dan perundingan antara fihak mereka dan fihak jagoan-jagoan istana, karena seperti juga fihak istana, mereka sendiri masih ragu-ragu dan sangsi apakah jagoan-jagoan istana itu benar-benar mau menerima uluran tangan mereka dan mau memberi janji kedudukan.

Demikianlah, pada hari yang telah ditentukan, orang-orang Ngo-lian-kauw telah siap sedia. Sebagai nyonya rumah, Ang-hwa Sam-ci-moi telah mengatur tempat mereka sebaik-baiknya untuk menghormati para jagoan istana yang akan menjadi tamu-tamu agung.

Semua anggauta Ngo-lian-kauw diberi tugas, ada yang mengatur penjagaan di sekeliling tempat itu untuk menjaga keamanan, ada yang bertugas melayani para tamu. Akan tetapi pada hari itu mereka semua, yang sebagian besar terdiri daripada wanita-wanita muda yang cantik, berdandan dengan mewah, memakai pakaian baru dan muka mereka memakai bedak dan yanci (pemerah) lebih tebal daripada biasanya.

Namun setiap orang anggauta menggantungkan pedang pada punggung masing-masing, sehingga mereka ini kelihatan cantik manis, centil genit, akan tetapi juga gagah.

Untuk menyenangkan hati jagoan-jagoan dari istana yang akan mewakili kaisar dalam pertemuan dan perundingan ini, bangunan besar yang biasanya menjadi tempat tinggal ketua Ngo-lian-kauw, kini dikosongkan dan dihias menjadi tempat perundingan yang cukup luas dan menyenangkan.

Para pemasak sudah sejak pagi hari sibuk di dapur dan banyaklah itik dan ayam dipotong lehernya, di samping dua ekor babi disembelih. Untuk keperluan ini malah didatangkan dua orang tukang masak pria dari kota raja, dua orang laki-laki gemuk bermuka buruk akan tetapi yang sepasang tangannya pandai sekali menyulap masakan-masakan lezat. Arak wangi tidak ketinggalan, dipilihnya arak tua yang baik. Pendeknya, fihak Ching-coa-to melalui Ngo-lian-kauw telah mempersiapkan penyambutan hebat dan besar-besaran.

Semenjak kemarin, fihak Ching-coa-to dan teman-temannya telah hadir disitu. Mereka ini terdiri dari belasan orang terkenal di dunia kang-ouw, akan tetapi yang penting disebut adalah Ching-toanio, Souw Bu Lai si jago Mongol dan gurunya, si pendeta Ka Chong Hoatsu pentolan Mongol yang terkenal sakti. Tampak pula Bouw Si Ma, jagoan Mancu murid tunggal Pak Thian Locu.

Bouw Si Ma ini terkenal dengan julukannya Si Tangan Maut dan tingkat kepandaiannya tidak kalah oleh Souw Bu Lai maupun Ching-toanio sendiri! Tentu saja patut disebut Ang-hwa Sam-ci-moi, karena tiga orang wanita ini benar-benar sakti dan kepandaian mereka masing-masing jauh melampaui tingkat Ching-toanio dan teman-temannya, kecuali Ka Chong Hoatsu.

Tiga orang sumoi (adik seperguruan) Hek Hwa Kui-bo ini memang masing-masing tidak setinggi Ka Chong Hoatsu kesaktiannya, akan tetapi kalau mereka itu maju bertiga, kiranya Ka Chong Hoatsu sendiri akan sukar menandingi mereka!

Sesungguhnya mereka ini tidaklah sejujurnya hendak membantu pemerintah Beng-tiauw. Seperti telah kita ketahui, mereka ini terdiri dari orang-orang yang berambisi (berpamrih), terutama sekali Souw Bu Lai atau Pangeran Sublai yang mengaku masih keturunan dari Jenghis Khan. Kalau kali ini mereka mengulurkan tangan hendak membantu Kaisar Beng-tiauw dengan dalih mencari kedudukan dan kemuliaan, sebetulnya adalah karena mereka sekarang belum merasa cukup kuat untuk merampas kerajaan.

Mereka hendak membaiki pemerintah dan menguasai kedudukan-kedudukan penting sehingga kelak lebih mudah lagi mereka untuk menggulingkan Kerajaan Beng-tiauw dan membangun kembali Kerajaan Mongol. Ini termasuk cita-cita Souw Bu Lai yang didukung oleh gurunya, yaitu Ka Chong Hoatsu, dan juga Ang-hwa Sam-ci-moi.

Akan tetapi cita-cita Bouw Si Ma si tokoh Mancu lain lagi. Tokoh ini bercita-cita untuk mempergunakan kekuatan bangsanya untuk mencoba menguasai kerajaan besar itu, karena sesungguhnya sudah amat lama Bangsa Mancu mengincar untuk berkuasa apabila kesempatan baik tiba. Dan cita-cita itu disetujui dan didukung oleh Ching-toanio yang diam-diam telah lama mengadakan hubungan rahasia dengan Bouw Si Ma.






No comments:

Post a Comment