Ads

Friday, January 25, 2019

Pendekar Buta Jilid 053

Laki-laki itu tidak merasa tersinggung atau tak senang mendengar kata-kata yang angkuh ini. Cepat dia datang sambil membungkuk-bungkuk menyatakan terima kasihnya. Dengan lagak amat sopan dia lalu menarik bangku dan duduk di depan Song-bun-kwi.

Menyaksikan sikap merendah-rendah ini diam-diam Song-bun-kwi mendapat kesan tak baik dan menganggap laki-laki ini sikapnya terlalu menjilat-jilat. Akan tetapi karena sudah terlanjur, dia lalu menyilahkan laki-laki itu menikmati minuman dan masakan yang sudah disediakan oleh para pelayan yang merasa amat berterima kasih kepada dua orang itu karena sesungguhnya apabila tidak ada dua orang tamu itu, tentu restoran mereka sudah habis dan rusak oleh para bajak.

Akhirnya Song-bun-kwi merasa kenyang juga. Dengan lengan bajunya yang lebar dia mengusapi mulutnya dan tangan kirinya mengelus-elus perut. Laki-laki di depannya itu membungkuk sambil tersenyum dan berkata,

“Locianpwe yang gagah perkasa, saya bernama Teng Cun Le dari kota raja, seorang pelancong biasa. Bolehkah kiranya saya mengetahui nama Locianpwe yang mulia?”

Sebal hati Song-bun-kwi mendengar ini. Dia sudah menyesal dan kecewa mengapa dia tadi mengundang orang ini yang kiranya hanya mendatangkan kesebalan di hatinya dan mengganggu ketenteramannya seorang diri. Dengan gerakan tangan tak sabar dia menjawab,

“Aku she Kwee……….. sudahlah.” Tiba-tiba dia teringat sesuatu dan cepat berkata, “Kau tentu tahu akan semua bajingan di daerah pantai timur ini, bukan?”

Orang itu terkejut, gugup bagaimana harus menjawab. Tapi segera dia dapat menguasai hatinya.

“Apakah yang Locian-pwe maksudkan? Kalau yang dimaksudkan bangsat-bangsat cilik tiada nama, tentu saja saya tidak kenal. Akan tetapi tokoh-tokoh besar di pantai timur ini banyak juga yang saya ketahui.”

Wajah Song-bun-kwi yang biasanya seperti kedok itu kini membayangkan kegirangan,
“Bagus, kalau begitu, hayo lekas kau tunjukkan dimana tempat tinggal si iblis bangkotan Thai-lek-sin Swi Lek Ho-siang?”

“Tentu saja aku tahu, Locianpwe. Akan tetapi pada waktu ini hwesio tua itu tidak berada di kelentengnya. Saya mendengar dari teman-teman bahwa dia seringkali berkunjung dan tinggal di tempat lain………..”

“Sayang sekali!”

Song-bun-kwi membanting kakinya sehingga tanah dalam rumah makan itu tergetar. Kembali laki-laki yang mengaku bernama Teng Cun Le itu tercengang kagum.

“Jauh-jauh kucari iblis bangkotan itu, akan kuajak dia bertanding selama tiga malam, kiranya dia minggat dan kabur! Huh, Thai-lek-sin iblis tua bangka, apakah kau sudah menduga akan kunjunganku keSini lalu kabur? Sayang……..!”

Setelah berkata demikian, Song-bun-kwi bangkit dari bangkunya, kemudian tanpa pamit kepada siapapun juga meninggalkan restoran itu!

Para pelayan berikut para pengurus semua mengantar sambil membungkuk-bungkuk dan mulut mereka berdendang,

“Selamat jalan, pendekar tua yang gagah perkasa!”

Namun Song-bun-kwi tidak memperdulikan mereka dan tidak perduli pula bahwa dia tidak membayar makanan, tidak perduli betapa orang-orang memandangnya dengan kagum dan penuh hormat. Dia terus saja melangkah lebar keluar dari restoran, tidak mau tahu biarpun dapat dia melihat betapa laki-laki yang mengajaknya bicara tadi melemparkan beberapa keping uang perak keatas meja makan dan betapa para pengurus restoran berusaha menolak pembayaran yang royal ini.

Akan tetapi sebal juga hati Song-bun-kwi ketika dia mendapat kenyataan bahwa Teng Cun Le itu mengejarnya sambil berlari-lari cepat! Setibanya di luar kota pelabuhan itu, Song-bun-kwi membalikkan tubuh, tangannya mendorong dan………. Teng Cun Le roboh terjungkal!

Baiknya Song-bun-kwi yang berwatak aneh itu biarpun marah masih ingat akan kegagahannya ketika melawan para bajak tadi, maka tidak bermaksud mengambil nyawanya. Maka dia hanya merasa terdorong oleh tenaga raksasa sehingga orang itu tidak mampu mempertahankan diri lagi dan roboh. Dengan kaget dan muka pucat Teng Cun Le merangkak bangun karena seketika dia merasa tubuhnya lemas dan kakinya lumpuh. Tahu-tahu kakek itu sudah berdiri di depannya dengan muka merah.





“Cacing busuk! Kau berani mengikuti dan mengganggu aku?” bentak Song-bun-kwi.

Melihat kemarahan kakek itu, Teng Cun Le tidak jadi berdiri, malah terus saja berlutut dan mengangguk-angguk.

“Mohon beribu ampun, Locianpwe. Bukan sekali-kali maksud saya untuk mengikuti atau mengganggu Locianpwe, hanya saya amat terdorong oleh rasa kagum……….. dan pula, teringat bahwa Locianpwe jauh-jauh datang mencari Thai-lek-sin Swi Lek Hosiang, agaknya saya dapat menunjukkan dimana adanya hwesio itu sekarang ini agaknya………..”

“Hemm, kenapa tidak dari tadi kau bilang? Kalau tadi-tadi kau bilang, aku takkan curiga padamu dan takkan membikin kau roboh. Orang she Teng, mari tunjukkan aku dimana adanya hwesio bangkotan itu dan kau boleh ikut dengan aku menonton pertempuran menarik antara aku dan dia,”

Song-bun-kwi benar-benar gembira mendengar ada orang bisa mengantar dia kepada Thai-lek-sin. Bagus untungnya, baru saja makan lezat sekenyangnya dan sedikit “berlatih” dengan Tengkorak Hitam bajak Jepang, sekarang akan dapat berkelahi sepuasnya melawan seorang tokoh setingkat!

Teng Cun Le dengan wajah berseri segera bangkit dan berkata gembira,
“Wah, kalau Locianpwe hanya hendak mencari lawan tangguh, kiraku kali ini Locianpwe akan mendapat kepuasan. Menurut pendengaran saya, seringkali Thai-lek-sin Swi Lek Hosiang mengunjungi Pek-tiok-lim, tempat tinggal sahabatnya.”

“Pek-tiok-lim (Hutan Bambu Putih)? Dimana itu? Tempat tinggal siapa?” Song-bun-kwi mendesak gembira.

“Heran sekali bahwa Locianpwe belum mendengar tentang Pek-tiok-lim! Disana adalah tempat tinggal seorang tokoh besar yang tidak kalah terkenalnya kalau dibandingkan dengan Thai-lek-sin. Dia itu adalah Sin-kiam-eng (Si Pendekar Pedang Sakti), ilmu pedangnya hebat dan anak perempuannya juga bukan main. Pendeknya, kalau Locianpwe dapat bertanding melawan dia, tentu akan puas betul. Akan tetapi, saya benar-benar merasa ragu-ragu apakah saya akan mampu membawa Locianpwe kesana.”

“Kenapa?”

Song-bun-kwi bertanya penasaran hatinya sudah panas mendengar orang ini memuji-muji majikan dari Pek-tiok-lim itu.

“Pek-tiok-lim adalah daerah yang penuh dengan rahasia. Jalan-jalannya amat sukar dan kabarnya, orang yang memasukinya berarti mengantar nyawa karena jangan harap akan dapat keluar kembali dengan nyawa masih di badan.”

Song-bun-kwi tidak menjawab, tangan kanannya bergerak memukul dan kakinya menyapu, serangan ini dia tujukan kepada sebatang pohon besar, sebesar tubuh manusia batangnya dan sekali kena dihajar tangan dan kaki kakek itu, terdengar suara keras dan pohon itu seketika tumbang berikut akar-akarnya terjebol dari tanah. Dengan suara hiruk-pikuk luar biasa pohon itu roboh dan orang she Teng itu buru-buru melompat jauh karena khawatir tertimpa cabang-cabang pohon itu.

“Ha-ha-hi, apakah pohon-pohon bambu putih itu melebihi pohon ini kuatnya?”

Song-bun-kwi tertawa bergelak melihat orang itu ketakutan sampai mukanya pucat dan lidahnya terjulur keluar.

“Hebat……….. luar biasa……….. Locianpwe seperti malaikat ……….!”

Teng Cun Le memuji, benar-benar baru sekali ini selama hidupnya dia melihat manusia kosen ini. Diam-diam dia merasa girang.

“Saya percaya bahwa Locianpwe pasti akan sanggup menggempur Pek-tiok-lim!”

Teng Cun Le dengan girang lalu mengajak kakek itu berlari cepat menyusuri pantai timur itu menuju keutara. Pek-tiok-lim itu terletak di dekat pantai Laut Po-hai, dan memang tempat ini sudah bertahun-tahun dijadikan tempat tinggal seorang tokoh ilmu pedang yang terkenal, yaitu murid pertama dari mendiang Raja Pedang Bu-tek-kiam-ong Cia Hui Gan. Nama tokoh ini adalah Tan Beng Kui berjuluk Sin-kiam-eng. Seperti telah disebut di bagian depan dari cerita ini, Tan Beng Kui ini adalah kakak kandung dari ketua Thai-san-pai, dan bukan lain adalah ayah daripada si dara lincah Tan Loan Ki yang sudah kita kenal baik itu.

Benarkah Thai-lek-sin Swi Lek Hosiang seringkali datang ke Pek-tiok-lim? Kenyataannya tidak demikian dan sebetulnya tanpa disadarinya, Song-bun-kwi sitokoh yang ditakuti dunia kang-ouw puluhan tahun yang lalu itu terkena bujukan halus. Apakah kehendak Teng Cun Le dan mengapa dia melakukan hal ini?

Teng Cun Le sebetulnya adalah seorang mata-mata dari istana. Dia adalah seorang diantara banyak kepercayaan kaisar baru untuk melakukan penyelidikan ke daerah-daerah melihat reaksi para tokoh daerah atas pengangkatan diri Pangeran Kian Bun Ti menjadi kaisar, menggantikan kaisar tua yang meninggal dunia.

Teng Cun Le ini mendapat tugas memata-matai daerah pantai timur. Tentu saja seorang yang sudah dipercayai tugas seperti ini memiliki kepandaian yang cukup tinggi dan hal ini sudah terbukti ketika dia menyaksikan penyerbuan para bajak laut. Selain berkepandaian silat, juga orang yang diangkat menjadi mata-mata tentu saja orang yang cerdik dan memang Teng Cun Le ini cerdik sekali orangnya.

Beberapa hari yang lalu dia bertemu dengan seorang dara lincah yang amat menarik perhatiannya. Dara itu bukan lain adalah Loan Ki. Melihat seorang gadis muda seorang diri melakukan perjalanan, Teng Cun Le maklum bahwa gadis ini tentulah seorang gadis kang-ouw yang berkepandaian. Dia menjadi curiga dan diam-diam melakukan pengintaian.

Sama sekali dia tidak menduga bahwa gadis itu benar-benar amat lihai sehingga diam-diam Loan Ki tahu bahwa dirinya diintai orang! Dasar ia seorang anak yang memiliki watak nakal dan suka mempermainkan orang, maka sengaja gadis ini di dalam kamarnya membuka buntalannya, memamerkan bekal uang dan tiga buah mutiara Ya-beng-cu yang mengeluarkan cahaya di dalam gelap! Ia lakukan ini karena tahu bahwa diluar kamar ada orang itu yang selalu mengintainya selama ini!

Teng Cun Le menjadi terkejut dan girang bukan main melihat tiga butir mutiara ini. Sebagai seorang kaki tangan kaisar, tentu saja dia mengenal mutiara itu yang tadinya menjadi penghias mahkota kuno yang telah hilang. Memang termasuk tugasnya untuk mencari jejak bekas pembesar Tan Hok karena menurut perintah rahasia yang dia terima, mahkota itu mengandung rahasia hebat dan harus dirampas kembali ke istana.

Sekarang dia melihat mutiara-mutiara itu, tentu saja girangnya bukan kepalang. Kalau ada mutiara itu tentu ada pula mahkotanya, dan kalau ada mahkotanya tentu ada pula pengkhianat Tan Hok.

Loan Ki yang nakal itu pura-pura tidak tahu bahwa ia selalu diikuti, malah dengan enak-enakan ia berjalan pulang ke Pek-tiok-lim seperti sengaja menunjukkan kepada orang itu dimana ia tinggal. Melihat betapa dengan berani mati orang itu menguntitnya terus memasuki Pek-tiok-lim, diam-diam ia tertawa geli dan sebentar saja ia lenyap di jalan rahasia dalam hutan wilayah ayahnya itu.

Celakalah Teng Cun Le. Hampir saja binasa di dalam hutan ini. Untungnya dia sudah mulai curiga dan sebelumnya sudah mencari keterangan tentang keadaan disitu. Dia sudah mendengar tentang Pek-tiok-lim, tempat kediaman tokoh besar Sin-kiam-eng dan puterinya. Maka melihat keadaan hutan yang penuh bambu putih ini, dia segera sadar dengan tengkuk meremang bahwa yang dia ikuti selama ini adalah puteri Sin-kiam-eng. Inilah yang menolongnya karena dia segera meninggalkan hutan itu dan kabur tanpa berani menoleh lagi.

Demikianlah pengalaman Teng Cun Le. Hatinya masih merasa penasaran. Segera dia mengadakan hubungan dengan kurir yang berkuda cepat ke kota raja. Alangkah kagetnya ketika dia mendengar berita bahwa memang mahkota kuno itu yang tadinya sudah terampas oleh panglima istana Souw Ki, telah dirampas kembali oleh seorang gadis liar puteri Sin-kiam-eng. Dia girang bercampur bingung. Girang karena tahu betul bahwa mahkota itu tentu berada di Pek-tiok-lim, namun bingung bagaimana dia dapat merampasnya kembali.

Dia hendak mengirim utusan ke istana, mengusulkan agar secara resmi kaisar mengutus rombongan meminta kembali mahkota itu secara baik-baik dari Sin-kiam-eng. Kalau kaisar yang minta, sudah tentu akan dikembalikan dan tidak akan terjadi sesuatu keributan. Andaikata Sin-kiam-eng berani menolak, berarti dia memberontak dan boleh saja digempur menggunakan pasukan.

Sambil menanti keputusan, Teng Cun Le iseng-iseng mendatangi kota pelabuhan dan secara tak disengaja bertemu dengan Song-bun-kwi. Dia masih belum dapat menduga siapa adanya kakek yang hebat ini, akan tetapi segera otaknya yang cerdik bekerja ketika mendapat kenyataan betapa kakek sakti ini seperti gatal-gatal tangannya hendak mencari lawan yang setingkat.

Maka dia sekarang hendak mempergunakan kesaktian kakek ini untuk memasuki Pek-tiok-lim, menggunakan kesaktian kakek ini untuk merampas kembali mahkota. Dengan cara ini, selain lebih cepat juga semua pahala akan terjatuh ke dalam tangannya.

**** 53 ****





No comments:

Post a Comment