Ads

Monday, February 11, 2019

Pendekar Buta Jilid 118

Baru beberapa jurus saja, baik Ching-toanio maupun Bouw Si Ma sudah terdesak hebat. Pedang mereka tidak mampu lagi melakukan serangan karena harus diputar untuk melindungi tubuh daripada sambaran sinar kemerahan yang keluar dari tangan kanan Kun Hong.

Demikian cepat gerakan tiga orang ini sehingga tubuh mereka tidak tampak lagi oleh mata biasa, tertutup oleh sinar pedang yang berkelebatan dan bergulung-gulung. Amatlah indah tampaknya bagi mata orang biasa kalau menyaksikan pertempuran itu. Tiga sinar pedang saling membelit, kemudian sinar pedang merah bergulung-gulung makin lebar dan akhirnya mengurung sinar pedang hitam dan cahaya sinar pedang putih.

Sinar pedang hitam adalah senjata Bouw Si Ma, sedangkan sepasang yang putih adalah pedang-pedang Ching-toanio. Dua macam sinar pedang ini terkurung sinar merah, makin lama makin ciut karena pergerakan senjata mereka amat terbatas.

Mendadak Ching-toanio berseru keras dan pedangnya yang berada di tangan yang kanan ia sambitkan ke depan. Pedang itu meluncur cepat bagaikan anak panah terlepas dari busurnya, menyambar kearah tenggorokan Kun Hong.

“Singgg!!” pedang itu berdesing lewat diatas kepala Pendekar Buta itu ketika dia mengelak dengan merendahkan tubuh.

“Weerrrr”

Serangkum angin halus bertiup menyambar tiga bagian tubuh yang mematikan, yaitu leher, dada, dan lambung. Kun Hong kaget sekali, begitu halus suara dan angin itu sehingga hampir saja dia celaka. Namun pendengaran dan perasaan Pendekar Buta ini sudah mencapai tingkat tinggi dan tidak lumrah, maka suara sehalus itu dapat juga ditangkapnya.

Dia marah sekali karena dapat menduga bahwa itu tentulah senjata rahasia halus yang amat berbahaya. Memang tidak salah dugaannya karena Ching-toanio tadi setelah menyambitkan pedangnya, terus saja mempergunakan kesempatan itu untuk menyerang dengan jarum-jarum halusnya yang beracun.

Sebetulnya, ilmu inilah yang membuat Ching-toanio disegani dan ditakuti. Jarang ada lawan dapat menyelamatkan diri menghadapi penyerangan hebat ini. Sambitan pedangnya amat kuat dan cepat. Andaikata lawan dapat mengelak atau menangkis daripada ancaman pedang terbang itu, agaknya akan sulit sekali dapat menyelamatkan diri kalau dalam posisi berikutnya diancam jarum-jarum beracun yang malah lebih cepat dan lebih berbahaya datangnya daripada pedang tadi. Jarum-jarum ini amat kecil dan halus, baru ketahuan datangnya kalau sudah amat dekat sehingga sukar untuk dapat dielakkan.

Keadaan Kun Hong lebih sulit lagi pada saat itu. Baru saja dia mengelak dari sambaran pedang terbang, tubuhnya masih merendah dan pada detik itu pedang hitam Bouw Si Ma membabat kearah kaki. Terpaksa dia menangkis dengan pedangnya. Dalam posisi merendahkan tubuh dan menangkis inilah datangnya sambaran jarum-jarum halus yang hendak merenggut nyawanya itu!

“Keji…….!”

Kun Hong berseru keras, tangan kirinya dikibaskan dengan pengerahan tenaga mujijat dan hampir pada detik itu juga, tongkatnya yang tadi menangkis pedang hitam Bouw Si Ma telah berkelebat kearah dada tokoh Mancu itu.

Terdengar jerit mengerikan dan tubuh Ching-toanio terjengkang ke belakang berbareng dengan robohnya Bouw Si Ma. Ternyata tokoh Mancu ini tidak dapat mengeiak lagi karena sambaran tongkat Kun Hong luar biasa cepatnya, tahu-tahu sudah menusuk dada dan tepat menembus jantung sehingga tokoh Mancu ini memekik, pedang hitamnya terlepas dan dia roboh tidak bernyawa lagi.

Adapun Ching-toanio sama sekali tidak pernah menyangka bahwa penyerangannya yang amat curang tadi berakibat celakanya diri sendiri. Uap putih menyambar dari tangan kiri Kun Hong dan tenaga yang amat dahsyat seakan-akan meniup jarum-jarum halus yang menyambar balik kearah Ching-toanio sendiri.

Wanita ini sama sekali tidak pernah menyangka akan dapat terjadi hal seperti itu, maka ia tidak sempat menyelamatkan dirinya. Jarum-jarum itu menembus pakaian, kulit dan langsung memasuki dada dan lambungnya. Kali ini karena jarum-jarum itu digerakkan oleh tenaga dahsyat yang menyambar dari tangan kiri Kun Hong, bukan main pesatnya sehingga jarum-jarum itu amblas dan lenyap ke dalam tubuh Ching-toanio!

Jarum-jarum beracun itu baru melukai kulit saja sudah dapat merenggut nyawa, apalagi sekarang menembus kulit mengeram ke dalam daging. Seketika itu juga Ching-toanio terjengkang dan pada detik berikutnya ia telah tewas dengan mata mendelik dan muka membiru!





“Ohhh…….!”

Hui Kauw terisak dan menutupi muka dengan kedua tangannya. Betapapun juga, hatinya ngeri dan sedih melihat kematian Ching-toanio. Sudah terlalu lama ia menganggap wanita itu sebagai ibunya dahulu di waktu ia masih kecil. Baru ia sadar dan menurunkan kedua tangannya lagi ketika ia merasa betapa Kun Hong memegangnya sambil berkata,

“Hui Kauw, jangan lengah. Kau pergunakan pedang ini…….”

Kiranya Kun Hong sudah mengambil pedang hitam milik Bouw Si Ma dan menyerahkannya kepada Hui Kauw. Pendekar Buta ini amat khawatir akan keselamatan Hui Kauw. Biarpun dia berada disitu dan siap membela Hui Kauw dengan seluruh jiwa raganya, namun berhadapan dengan begitu banyak orang pandai, masih saja keselamatan Hui Kauw tidak dapat terjamin.

Maka lebih baik gadis itu memegang senjata dan membantunya sehingga kedudukan mereka menjadi lebih kuat. Setelah Hui Kauw menerima pedang hitam, Kun Hong sengaja berseru, suaranya menantang dan keras,

“Hayo, siapa lagi yang hendak merintangi aku bersama nona ini pergi dengan aman? Kalian adalah jago-jago dan tokoh-tokoh terkemuka, terkenal sebagai tokoh-tokoh sakti. Kalau sudah begitu tidak tahu malu, boleh maju semua mengeroyok kami berdua. Hayo, majulah!”

Dengan tongkat melintang di depan dada, Kun Hong sengaja membakar hati mereka dengan maksud menyinggung kehormatan mereka agar mereka merasa segan untuk melakukan pengeroyokan. Biarlah mereka maju seorang demi seorang, pikirnya, dan dia merasa sanggup untuk mengalahkan mereka.

Ka Chong Hoatsu kaget sekali melihat tewasnya Ching-toanio dan Bouw Si Ma. Juga dia merasa menyesal sekali atas kelancangan dua orang itu. Dia sudah cukup dapat menduga bahwa orang muda buta itu memiliki ilmu kepandaian tinggi. Kini dua orang kawan yang dapat diandalkan tewas begitu saja. Melihat The Sun berbisik-bisik dengan kawan-kawannya, Ka Chong Hoatsu segera berkata lantang,

“Para sahabat dari kota raja! Penjahat buta ini adalah seorang pemberontak, demikian pula si nona hitam. Kenapa tidak segera turun tangan membasminya sebelum dia menimbulkan lebih banyak kekacauan? Kalau perlu, kamipun sanggup membantu.”

“Aha, Ka Chong Hoatsu, kau tua bangka dari Mongol tidak tahu malu. Bukankah kepandaianmu sendiri terkenal amat tinggi? Kenapa tidak maju sendiri? Hayo, aku siap menghadapimu !”

Kun Hong sengaja membakar, akan tetapi Ka Chong Hoatsu hanya tersenyum mengejek dan berkata acuh tak acuh,

“Belum saatnya……. belum saatnya…….” setelah berkata demikian dia memberi isyarat kepada Ang-hwa Sam-ci-moi untuk menyuruh anak buah Ngo-lian-kauw menyingkirkan dan merawat jenazah Ching-toanio dan Bouw Si Ma.

Setelah mendapat perintah, delapan orang wanita anggauta Ngo-lian-kauw maju cepat dan mengangkat pergi mayat-mayat itu.

Sementara itu, The Sun sejak tadi berunding dengan Hek Lojin yang mengangguk-angguk. Kemudian The Sun tersenyum mengejek, sekali menggerakkan tubuhnya dia telah melayang ke depan Kun Hong.

“Kwa Kun Hong, kau benar-benar sombong sekali. Kau kira tanpa mengeroyokmu tidak mungkin kami menang? Hemmm, aku sendiri yang akan maju melabrakmu, Kun Hong, kecuali kau suka menyerahkan diri menjadi tawananku untuk diadili di kota raja.”

Kun Hong melengak, terheran-heran. Sudah terang bahwa betapapun lihainya, pemuda tokoh kota raja itu tidak akan mampu mengalahkannya. Hal ini The Sun sendiri sudah cukup mengerti. Dia seorang yang amat cerdik dan penuh tipu muslihat, kenapa sekarang nekat hendak menghadapinya seorang diri? Diam-diam Kun Hong menjadi waspada, The Sun seorang yang cerdik dan curang sekali. Tidak mungkin dia hanya maju mengandalkan kepandaian silatnya dan sudah pasti tindakannya ini diikuti tipu muslihat licin.

“Hui Kauw, kau mundurlah dan jaga dirimu baik-baik. Berteriaklah kalau menghadapi bahaya, biar aku membereskan manusia curang dan pengecut ini,” demikian kata Kun Hong sambil mendorong Hui Kauw ke belakang.

Dia amat khawatir kalau The Sun akan menggunakan siasat keji dan mencelakai Hui Kauw dengan cara lain selagi bertempur melawannya.

“The Sun, kaulah orang yang pertama kuharapkan untuk bertanding denganku pada saat ini. Majulah.”

The Sun tertawa mengejek dan “sratt” pedangnya telah dia cabut dengan gerakan indah. Pada saat itu, seakan-akan pencabutan pedang tadi merupakan isyarat, terdengarlah suara tambur dan gembreng dipukul orang, mula-mula lirih dan lambat, makin lama makin keras dan cepat.

Itulah suara tambur dan gembreng perang dan ternyata belasan orang anggauta pasukan dari istana telah berada disitu membunyikan tambur dan gembreng. Suara itu amat bising memekakkan telinga,

“Wuuuttttt!”

Kun Hong cepat mengelak dan dia kaget setengah mati ketika angin pedang The Sun terus-menerus menyerangnya bertubi-tubi dengan gerakan laksana kilat menyambar-nyambar dibarengi suara ketawa pemuda yang cerdik itu. Kun Hong menggertak giginya dan terpaksa memutar tongkat sejadinya sambil mempergunakan langkah-langkah ajaib.

Tahulah dia sekarang akal muslihat yang dipergunakan The Sun dalam melawannya. Memang seorang pemuda yang cerdik dan penuh akal. Kiranya pemuda ini maklum bahwa kelihaian Kun Hong terletak pada pendengaran telinganya sebagai pengganti matanya yang buta. Memang begitulah. Seorang buta hanya dapat mengandalkan pendengaran, penciuman dan rabaan untuk mengetahui keadaan di sekitarnya. Terutama sekali pendengaran. Apalagi dalam ilmu silat. Tentu saja keawasan mata dipergunakan dan sebagai pengganti mata yang buta, pendengaranlah yang diandalkan. Kini The Sun mempergunakan suara bising untuk merusak pendengaran Kun Hong!

Hampir saja akal The Sun yang licin ini berhasil kalau saja Kun Hong tidak mewarisi ilmu silat yang benar-benar sakti seperti Kim-tiauw-kun dan Im-yang-sin-hoat. Langkah-langkah ajaib dari Kim-tiauw-kun menolongnya terhindar dari ancaman pedang The Sun yang ganas dan cepat. Pada jurus-jurus pertama memang Kun Hong menjadi bingung dan dia tidak dapat berbuat lain kecuali mengelak, menangkis dan memutar tongkat sejadinya untuk melindungi diri.

Akan tetapi lambat laun telinganya mulai dapat menangkap perbedaan-perbedaan antara suara bising tambur gembreng dengan suara bersiut dan berdesingnya pedang di tangan The Sun. Diam-diam dia menjadi girang sekali. Masih untung baginya bahwa tingkat kepandaian The Sun masih belum mencapai puncaknya. Seorang yang ilmu pedangnya sudah mencapai titik puncak, seperti misalnya pamannya, Tan Beng San ketua Thai-san-pai, dapat memainkan pedang sedemikian rupa tanpa menimbulkan angin atau suara mendesing dan bersiut.

Memang masih sukar bagi Kun Hong untuk dapat balas menyerang karena dia harus mencurahkan seluruh perhatian untuk menjaga diri jangan sampai menjadi korban pedang The Sun yang cukup berbahaya. Akan tetapi sedikitnya dengan mendengar suara angin pedang, dia dapat mencari kesempatan baik untuk balas menyerang.

Tentu saja dia tidak mau berlaku sembrono dengan serangan balasannya karena maklum sekali serangannya luput, dia akan terancam oleh pedang lawan karena dalam keadaan menyerang, tentu kedudukan pertahannya menjadi lemah dan lowong.

Tadinya The Sun gembira sekali melihat betapa lawannya Si Pendekar Buta menjadi bingung dan kacau gerakannya. Akalnya berhasil, lawannya menjadi kacau-balau setelah rusak pendengarannya oleh suara bising! Inilah yang membuat dia tadi tertawa-tawa mengejek.

Akan tetapi tidak lama, karena dia segera berubah menjadi marah dan penasaran sekali. Si Buta ini sekarang buta tuli, kenapa masih selalu dapat mengelak daripada sambaran pedangnya? Kenapa pedangnya belum juga dapat mengenai sasaran, padahal lawannya itu sama sekali tidak mampu balas menyerang? Dia menjadi jengkel, sejengkel seorang anak kecil yang selalu gagal menepuk lalat yang gesit dengan tangannya. Lima puluh jurus telah lewat dan jangankan memenggal leher atau menusuk dada, membabat ujung baju saja belum!






No comments:

Post a Comment